Cemilan Pedas Manis, Kacang Thailand Mantap Nih

SANTAI rasanya tak lengkap tanpa cemilan. Cemilan apa yang pas? Bisa gorengan, keripik, kerupuk, atau kacang-kacangan. Itu tergantung suasana dan tentunya persediaan yang ada.
Nah, bagi penggemar cemilan kacang, ada varian asyik nih. Namanya Kacang Thailand. Rasanya pedas manis. Cemilan satu ini bikin enggak bisa berhenti ngunyah deh.

Cemilan Pedas Manis, Kacang Thailand Mantap Nih

Jika beli di toko, harganya lumayan loh. Tapi, jika penasaran dengan rasa gurihnya yang mantap, bikin sendiri saja. Ini dia resepnya.

Bahan-bahan:
500 gram Kacang Tanah Kuwalitas Super.
10 lembar Daun Jeruk, dibuang tulangnya.
10 siung Bawang Putih.
2 sendok makan Ebi.
1,5 sendok makan Gula Pasir.
1 sendok teh Cuka makan.
1 sendok teh Garam.
1,5 liter Minyak Goreng untuk menggoreng Kacang Thailand.

Bahan bumbu halus:
8 buah atau sesuai selera Cabai Merah Keriting.
4 batang Serai, diambil batang putihnya.

Cara membuat:
1.  Seduh ebi dengan air panas sampai empuk. Lalu angkat ebi dan tiriskan. Sesudah itu, tumbuk ebi sampai halus. Lalu, ebi digoreng sangrai sampai kering, lalu angkat dan tiriskan.

2. Siapkan talenan, lalu iris-iris tipis bawang putih. Lalu goreng bawang putih sampai kering. Lalu angkat bawang putih dan sesudah itu, cincang bawang putih goreng sampai halus. Setelah selesai sisihkan.

3. Siapkan wajan untuk menggoreng kacang yang banyak dan panaskan minyak goreng sampai benar-benar panas. Lalu goreng kacang tanah sampai berwarna agak kuning kecoklatan atau sampai kacang matang. Lalu angkat kacang dan tiriskan.

4. iapkan wajan kembali dan panaskan minyak goreng sebanyak 3 sendok makan. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan sampai berubah warna atau sampai beraroma harum.

5. Setelah bumbu tumis harum, tambahkan gula pasir, cuka makan dan garam kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu masak kembali bumbu sambil terus diaduk-aduk, agar bumbu dapat tercampur merata.

6. Masukan kacang goreng, ebi sangrai dan daun jeruk kedalam wajan. Lalu goreng kacang dengan menggunakan nyala api kecil, sambil terus di aduk-aduk, agar semua bahan bumbu tercampur merata dengan kacang. Goreng kacang thailand hingga matang. Lalu matikan api kompor dan angkat kacang.

7. Setelah kacang matang, tuang kacang diatas wadah datar. Lalu diamkan kacang thailand hingga dingin dahulu, agar tepung bumbu yang membalut kacang thailand menjadi lebih kering dan benar-benar melekat pada kacang thailand.

8. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng yang banyak sampai minyak menjadi benar-benar panas. Lalu goreng kacang thailand dengan menggunakan minyak goreng yang sudah benar-benar panas tadi kedalam wajan. Goreng kacang thailand sampai kacang thailand menjadi kering dan matang.

9. Angkat kacang dan taruh diwadah datar. Lalu taburi kacang thailand dengan bawang goreng cincang, lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Sesudah itu, tiriskan dahulu kacang thailand sebelum kacang dimasukan kedalam toples kedap udara.

0 Response to "Cemilan Pedas Manis, Kacang Thailand Mantap Nih"

Posting Komentar