10 Hal yang Jangan Pernah Kamu Lakukan di Kebun Binatang

10 Hal yang Jangan Pernah Kamu Lakukan di Kebun Binatang


Jakarta - Berkunjung ke kebun binatang merupakan hal yang menyenangkan, apalagi datang bersama-sama keluarga. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Beberapa hari yang lalu, kita dihebohkan oleh berita balita yang diserang siamang di kebun bintang. Kasus-kasus seperti ini tidak pertama kali lho terjadi. Penyebabnya adalah faktor dari kelalaian, baik dari pihak pengelola maupun pengunjung sendiri.

Bermain di kebun bintang bukan berarti kita bebas bersenang-senang semaunya. Apalagi jika traveler membawa anak-anak. Tetap awasi dan jangan sampai pengawasan lengah sedikitpun.

detikTravel telah merangkum, Senin (3/7/2017) beberapa hal yang tidak boleh dilakukan bila bermain di kebun bintang. Catat ya!

1. Jangan lengah

Jangan terlalu santai di kebun bintang ya traveler. Selagi jalan-jalan melihat lucunya hewan-hewan di kebun bintang, kita mesti tetap waspada. Jika membawa anak-anak ingatkan kepada mereka untuk berhati-hati dan jangan terlalu dekat dengan kandang binatang.

Selalu pegangi tangan dan tuntun anak-anak untuk berinteraksi dengan hewan. Jangan biarkan mereka sendiri berinteraksi langsung dengan hewan di kebun bintang. Kita tidak pernah tau apakah hewan tersebut lapar, sakit gigi, atau merasa terancam dengan kedatangan anak-anak. Waspada!

2. Jangan kejutkan binatang

Silahkan bermain dan berinteraksi dengan binatang. Tetapi jangan jahil ya, jangan mengagetkan mereka. Bagaimanapun jinaknya binatang, mereka akan tetap menyerang jika berada di posisi terancam.

3. Jangan ganggu ketika mereka sedang tidur

Terkadang kita merasa kecewa karena binatang yang ingin kita lihat malah tidur nyenyak di dalam kandang. Kemudian terbesit di benak kita untuk membangunkan, dengan memukul kandang atau melemparkan sesuatu ke dalam kandang. Jangan pernah lakukan itu!

Binatang akan kaget, dan mereka bisa saja mengamuk. Kalau nasib kita sial, bisa saja kita kena cakar atau di serang dari dalam kandang. Kasihan kan anak-anak yang melihat menjadi ketakutan?

4. Jangan apatis

Tidak ada salahnya menegur pengunjung yang lain bila terlihat mengganggu hewan di dalam kandang. Bila melihat anak-anak jahil, tegurlah mereka baik-baik, dan berikan penjelasan kepada mereka bahwa kita harus menyayangi hewan.

5. Jangan berinteraksi terlalu dekat

Bila berkunjung ke kebun binatang jangan terlalu dekat dengan kandang ya. Ingat! Kita tidak akan pernah tahu apakah mood hewan tersebut lagi baik, apakah dia lagi sakit, atau mereka sedang merasa terancam.

Silahkan berinteraksi, seperti menyentuh langsung atau berfoto dengan jarang sangat dekat. Tetapi harus bersama pawang ya. Setidaknya ada pawang yang mengerti bagaimana keadaan hewan. Tetap hati-hati!

6. Jangan membuat keributan

Berkunjunglah ke kebun bintang dengan santai, dimana kita menikmati lucunya hewan-hewan tersebut, dan hewan juga merasa tidak terganggu. Jangan teriak-teriak ya. Beberapa hwan akan merasa terancam bila mendengar keributan lho!

7. Jangan ganggu ketika mereka sedang makan

Traveler pasti marahkan bila diganggu ketika sedang makan? Begitu juga hewan. Insting menyerang mereka akan tajam ketika lapar lho! Maka biarkanlah mereka makan dengan tenang ya.

Setelah perutnya kenyang, binatang nantinya akan tenang dan terlihat menggemaskan lagi.

8. Jangan lempar benda apapun ke dalam kandang

Hewan juga punya mood lho! Terkadang ketika mereka lagi senang, mereka bertingkah lucu yang membuat kita gemas. Namun ketika mereka lagi badmood, mereka akan malas-malasan saja di kandang.

Ketika mereka malas-malasan jangan paksa mereka untuk bergerak atau mendekat ke arah kita ya traveler. Jangan melempar batu, botol atau benda-benda yang nantinya mengganggu atau melukai hewan. Jangan buat mereka merasa terancam!

9. Jangan memberi makan hewan

Sayang binatang boleh-boleh saja. Tetapi kita juga harus mengerti dengan kebijakan kebun binatang yang melarang memberi makan hewan.

Jika salah makan hewan bisa sakit lho! Kita tidak tahu apakah binatang lagi sakit gigi, pencernaannya sedang terganggu atau memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Jadi jangan asal memberi makanan kepada binatang ya.

10. Jangan mengotori kandang

Jangan membuang sampah sembarangan ya traveler. Apalagi iseng melemparnya ke dalam kandang. Kandang akan kotor dan menimbulkan penyakit untuk binatang.

Yuk, sayangi binatang!

(bnl/bnl)
قالب وردپرس

0 Response to "10 Hal yang Jangan Pernah Kamu Lakukan di Kebun Binatang"

Posting Komentar