Tiket Tangkuban Perahu Mahal Buat Turis Tak Mengapa, Asal...

Tiket Tangkuban Perahu Mahal Buat Turis Tak Mengapa, Asal...

Bandung - Tiket masuk Tangkuban Perahu yang mahal buat wisman dipermasalahkan. Menurut pengamat pariwisata, sebenarnya harga tiket itu tidak mahal-mahal amat, asal fasilitas dan pelayanannya sepadan.

Pengamat dan praktisi yang sudah berkecimpung selama lebih dari 30 tahun di dunia pariwisata, Tedjo Iskandar, ikut urun pendapat soal tiket masuk ke Tangkuban Perahu yang sengaja dibedakan sampai 10 kali lipat untuk turis asing.

Baca Juga: Sudah Banyak Turis Mengeluh Mahalnya Tiket Masuk ke Tangkuban Perahu

Menurut Tedjo, harga tiket tersebut sebenarnya menurut standar harga internasional tidaklah mahal-mahal amat. Tetapi perlu diperhatikan fasilitas dan pelayanan yang diberikan bagi para turis.

"Sebetulnya, kalau kita bicara harga, itu nggak mahal-mahal sekali. Kalau di kurs, kan cuma US$ 15, itu nggak mahal. Asal fasilitas dan pelayanannya oke, toilet harus bersih, wangi, nggak ada sampah, nggak ada preman," ujar Tedjo melalui sambungan telepon dengan detikTravel, Jumat (7/7/2017).

Tedjo Iskandar (dok Facebook)Tedjo Iskandar (dok Facebook)

Tedjo pun mencontohkan beberapa destinasi wisata di luar negeri yang harga tiketnya juga sekitar Rp 200 ribuan, tetapi pelayanan dan fasilitasnya jauh lebih baik daripada di Tangkuban Perahu. Contohnya saja Mount Seorak di Korsel, yang harga tiket masuknya cuma 3.500 Won (sekitar Rp 40 ribu) untuk turis asing.

Atau yang paling dekat, ada di Gardens by The Bay Singapura, dengan harga tiket masuk sekitar SG$ 28 (setara Rp 270 ribuan). Dengan harga tiket masuk yang kurang lebih sama dengan Tangkuban Perahu, tentu saja turis asing akan memilih destinasi yang menawarkan fasilitas lebih. Tedjo pun menyayangkan soal hal ini.

"Sayang saja. Buat operator tur dan travel, membuka market ke Bandung itu nggak gampang. Boleh naikin harga, tapi jangan 10 kali lipat juga," kata Tedjo.

Baca Juga: Jangan Sampai Turis Tidak Mau Datang ke Tangkuban Perahu

Terakhir, Tedjo pun menyarankan agar fasilitas dan SDM pariwisata di Tangkuban Perahu diperbaiki agar lebih layak lagi, kalau memang mau menerapkan harga semahal itu untuk turis asing.

"Harga segitu, mahal sekali juga nggak, tapi fasilitasnya itu lho. Faktor keamanan juga. Itu mental-mental SDM-nya diperbaiki lagi. Toiletnya harus bersih, parkir jangan digetok harganya. Guide lokalnya juga yang baik," tutup Tedjo. (wsw/aff)

قالب وردپرس

0 Response to "Tiket Tangkuban Perahu Mahal Buat Turis Tak Mengapa, Asal..."

Posting Komentar