Ini Pulau Cantik nan Misterius di Film 'Jailangkung'

Ini Pulau Cantik nan Misterius di Film 'Jailangkung'

Dompu - Film horror Indonesia 'Jailangkung' tengah menjadi buah bibir. Salah satu lokasi syutingnya adalah suatu pulau cantik yang memiliki danau. Tahu nggak?

Ternyata, pulau tersebut bernama Pulau Satonda yang terletak di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Danau yang berada di tengah pulau pun juga bukan danau air tawar, melainkan danau air asin.

Pulau Satonda juga merupakan gugusan dari kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Satonda dulunya terbentuk karena letusan gunung api di dalam dasar laut pada jutaan tahun yang lalu. detikTravel pernah berkunjung beberapa waktu lalu.

Nyatanya, Pulau Satonda juga merupakan salah satu tempat yang misterius. Di dalam film 'Jailangkung', diceritakan bahwa pulau yang dikunjungi sebenarnya tidak berpenghuni dan hanya terdapat satu rumah yang terbengkalai. Namun mitosnya, sebenarnya memang pulau tersebut tidak berpenghuni, tetapi saat ini sudah banyak sejumlah villa dan resort di sana.

Pulau Satonda di Film Jailangkung (Youtube/Screenplay Films)Pulau Satonda di Film Jailangkung (Youtube/Screenplay Films)

Cerita legenda nan mistis juga melekat di Pulau Satonda. Konon, dulunya ini merupakan tempat pengasingan Puteri Dae Minga. Ia adalah seorang puteri kerajaan Sanggar yang sangat cantik sehingga diperebutkan oleh banyak raja. Karena banyak yang ingin mempersuntingnya, timbul lah banyak perselisihan dan peperangan.

Akhirnya para penduduk dan keluarga kerajaan sepakat untuk mengasingkan Puteri Dae Minga. Kemudian, ia tinggal di sebuah sampan di atas Danau Satonde. Alasan mengapa pulau tersebut tidak boleh di huni pun juga jelas, karena pulau tersebut merupakan tempat pengasingannya dan Puteri Dae Minga pun meninggal di sana.

Salah satu objek wisata yang menarik perhatian adalah sebuah pohon yang rantingnya digantungi banyak batu-batu. Bagi penduduk lokal, pohon ini termasuk keramat yang memiliki kekuatan gaib. Batu yang tergantung tersebut merupakan labang permohonan doa.

Pohon Keramat di Pulau Satonda (Yudhistira/detikTravel)Pohon Keramat di Pulau Satonda (Yudhistira/detikTravel)

Terlepas dari kisah mistisnya, Pulau Satonda memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Dulu, memang Satonda banyak dikunjugi oleh turis mancanegara, namun sekarang juga banyak turis lokal yang sudah mulai berkunjung ke sini.

Apabila ingin mencoba berkunjung, traveler dapat menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Dompu. Yuk jalan-jalan ke sana! (wsw/aff)

قالب وردپرس

0 Response to "Ini Pulau Cantik nan Misterius di Film 'Jailangkung'"

Posting Komentar