Salut! Begini Aksi Muslim Indonesia di Inggris Rayakan Lebaran

Salut! Begini Aksi Muslim Indonesia di Inggris Rayakan Lebaran - Komunitas Muslim Indonesia di Inggris merayakan Idul Fitri 1438 H dengan aksi sosial. Mereka memberi makan kepada 'homeless people' di sana.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikTravel, Sabtu (1/7/2017), Idul Fitri 1438 H tahun ini terasa lebih spesial bagi komunitas muslin Indonesia di Nottingham, Derby, dan Loughborough (Inggris). Komunitas tersebut bernama Pengajian Derbyshire Loughbrough dan Nottingham (PeDLN).

Pada Idul Fitri kali ini, komunitas PeDLN berkontribusi pada acara 'Tasty Tuesday'. Adalah suatu kegiatan mingguan setiap hari Selasa malam untuk memberi makanan kepada orang-orang atau komunitas sekitar yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap dan berusia lanjut tetapi hidup sendirian.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gereja Thomas Helwys yang berada di daerah Lenton di Kota Nottingham. Komunitas PeDLN memulainya dengan memasak seluruh makanan yang akan disajikan. Bahan-bahan mentah diramu hingga berupa hidangan yang siap saji. Makanan yang disajikan berupa nasi, capcay, gulai ayam, tahu dan tempe bacem disertai makanan penutup berupa puding coklat juga jeruk.


Berbagai macam hidangan ala Indonesia bagi 'homeless people' (dok. Komunitas PeDLN)

Jumlah orang yang datang merasakan hidangan masakan Indonesia ini sekitar 40 orang. Namun, kenyataannya jumlah makanan yang dibutuhkan lebih dari 40 orang. Hal itu dikarenakan adanya kesempatan untuk mencicipi makanan sebanyak dua kali. Bukan hanya memasak dan menyediakan makanan gratis, proses penyajian makanan-makanan tersebut dibuat seperti sebuah restoran. Orang-orang tersebut duduk di meja mereka masing-masing, lalu komunitas PeDLN mengantarkan masakan ke meja-meja sesuai pesananan.

Para tuna wisma menyantap hidangan (dok. Komunitas PeDLN)
Kegiatan 'Tasty Tuesday' merupakan kesempatan untuk menunjukkan bahwa komunitas muslim harus bisa berinteraksi dan berkontribusi untuk komunitas tempat mereka tinggal. Jadi tidak hanya sibuk dengan komunitasnya masing-masing. Islam adalah rahmat seluruh alam sehingga semua orang baik muslim maupun non-muslim dapat merasakan rahmat Islam tersebut.
selain itu, kontribusi komunitas PeDLN untuk acara 'Tasty Tuesday' adalah menunjukkan Islam yang cinta damai dan mau berinterkasi dengan semua komunitas. Sehingga citra negatif umat Islam saat ini dapat diperbaiki. (msl/msl)
قالب وردپرس

0 Response to "Salut! Begini Aksi Muslim Indonesia di Inggris Rayakan Lebaran"

Posting Komentar