Yuk Intip, Thailand Punya Peternakan Buaya Terbesar Dunia

Yuk Intip, Thailand Punya Peternakan Buaya Terbesar Dunia - Thailand tidak hanya terkenal dengan negeri Seribu Pagoda. Namun, Thailand juga terkenal sebagai negara peternakan buaya terbesar di dunia.

Bila berkunjung ke negara Thailand, pasti hal pertama yang kita intip adalah pagodanya. Selain itu Thailand juga memiliki alam yang cantik untuk di jelajahi. Tidak ketinggalan pula jajanan kulinernya.

Ada tawaran menarik lainnya bila berkunjung ke Thailand. Traveler mesti coba berkunjung ke peternakan buayanya ya. Di sini kita bisa melihat reptil raksasa bersantai di bawah terik matahari, mengunyah kepala ayam dan berendam di kolam.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Sabtu (1/7/2017), menurut Departemen Perikanan Thailand terdapat 1,2 juta buaya yang tersebar di lebih dari 1.000 peternakan buaya di Thailand. Beberapa peternakan juga dilengkapi dengan rumah pemotongan dan penyamakan kulit buaya.
Di peternakan Sri Ayutthaya, buaya dikembangbiakan dan juga diolah daging dan kulitnyaDi peternakan Sri Ayutthaya, buaya dikembangbiakan dan juga diolah daging dan kulitnya ( Foto: Athit Perawongmetha/ Reuters)

Salah satu peternakan buaya terbesar di Thailand adalah peternakan Sri Ayutthaya. Peternakan ini berlokasi di Provinsi Ayutthaya. Bila ditempuh dengan mobil, sekitar 80 kilometer atau 1,5 jam perjalanan dari Kota Bangkok.

Pemilik peternakan buaya ini bernama Wichian Rueangnet. Di dalam peternakannya terdapat sekitar 150.000 ekor buaya.

Peternakan Sri Ayutthaya ini terdaftar dalam Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka Fauna dan Flora Liar (CITES). Jadi mereka diperbolehkan mengekspor produk dari buaya Siam, walau populasinya terancam punah.

Adapun aktivitas di peternakan ini dimulai dari pengembangbiakan buaya, memberi makan, memotong, dan melakukan penyamakan kulit. Ada juga proses mengekspor produk dari kulit buaya, seperti tas dan pakaian.
Kulit buaya dioleh menjadi tas dan pakaian yang siap di eksporKulit buaya diolah menjadi tas dan pakaian yang siap di ekspor (Foto: Athit Perawongmetha/ Reuters)

Harga dari tas kulit buaya dimulai dari harga 80.000 Baht (Rp 31.406.000). Sedangkan pakaian dari kulit buaya dimulai dari harga 200.000 Baht (Rp 78.515.000).

Untuk daging buaya dijual seharga 300 Baht (Rp 118.000) per kilonya. Bagi traveler yang mencari empedu dan darah buaya untuk berobat juga bisa didapatkan di sini. Harga empedu buaya 40.000 Baht (Rp 15.703.000) per kilonya dan darah buaya seharga 500 Baht (Rp 197.000) per kilonya.

Gimana, traveler tertarik membeli? (sym/msl)
قالب وردپرس

0 Response to "Yuk Intip, Thailand Punya Peternakan Buaya Terbesar Dunia"

Posting Komentar