Seperti Apa Balapan Kerbau di Thailand?

Chonburi - Di beberapa daerah di Indonesia, kerbau juga sering dipakai untuk balapan. Namun tradisi serupa juga dapat ditemui di Thailand.

Balap sapi, atau lebih dikenal dengan Pacu Jawi tidak hanya ada di Indonesia lho. Atau lebih tepatnya di Tanah Datar, Sumatera Barat. Negara tetangga, yaitu Thailand ternyata juga punya acara yang serupa.

Dikumpul detikTravel dari berbagai sumber (17/7/2017) petani di Thailand mengadakan balapan sapi dalam rangkaian festival menanam padi di Chonburi. Festival ini diadakan kemarin, Minggu (16/7).
Aturan mainnya adalah kerbau bersama pemilik dan kerbau harus sampai di garis finish bersama-sama. Bila salah satunya jatuh, dianggap gugur dalam perlombaan.

Untuk memenangkan balapan, para petani harus menunggang kerbaunya sampai ke garis finish(Lillian Suwanrumpha/ AFP)

Balap sapi ini diadakan untuk mengingatkan kaula muda betapa dulu sapi sangat berperan penting dalam pertanian Thailand. Sapi dahulunya digunakan sebagai alat transportasi, alat membajak sawah, bahkan transportasi berperang. Namun semuanya tergantikan karena waktu dan berkembangnya teknologi.

Balapan sapi ramai oleh sorak-sorakan penonton, apalagi disaat penunggang terjatuh dari sapinya. Bahkan ada yang terlempar dan terjun ke dalam lumpur karena sapinya terlau bersemangat.
Cipratan lumpur memenuhi arena balap. Tak terkecuali para pembalap yang mandi lumpur karena kecipratan kaki kerbau. Terlepas dari kotor-kotor, suasana perlombaan tetap meriah dan penuh semangat!

Balapan sapi ini telah diadakan beberapa tahun terakhir. Semenjak itulah masyarakat mulai memelihara sapi untuk diperlombakan. Terkadang penduduk juga menjual sapi balapan tersebut. Harganya bisa mencapai 8.800 dolar (Rp 118 juta).
(rdy/rdy)
قالب وردپرس

0 Response to "Seperti Apa Balapan Kerbau di Thailand?"

Posting Komentar