Liburan ke Aceh Besar, Sekalian Wisata Kuliner Ungkot Paya

Liburan ke Aceh Besar, Sekalian Wisata Kuliner Ungkot Paya


detikTravel Community - Saat traveling ke suatu destinasi, tentu tak lengkap tanpa wisata kuliner. Di Aceh besar misalnya, ada kuliner Ungkot Paya.

Alam menyediakan berbagai kebutuhan untuk manusia, dari laut, darat dan sebagainya. Manusia sebagai makhluk ciptaannya harus bersyukur dan baik-baik menjaga alam tersebut.

Berbicara hasil alam, kita bisa melirik sedikit di sektor perikanan. Di laut sudah jelas ikan melimpah untuk diambil dan dimanfaatkan dengan semestinya. Di darat tak kalah banyaknnya yang bisa diolah menjadi menu yang lezat.

Salah satunya yang bisa kita temukan hampir di seluruh pelosok pedesaan, bahkan di perkotaan sudah dibudidayakan. Ya, namanya Ungkot Paya. Ups pasti teman-teman di Indonesia asing dengan istilah ini, bahasa Acehnya dari Ikan Air Tawar ikan yang berupa ikan hasil tangkapan di Paya alias sawah yang berair atau di sungai kecil (lueng bahasa Acehnya).

Di Tangan koki yang berpengalaman, seperti yang saya rasakan di Kawasan Kayee lheu kawasan Aceh Besar. Ungkot Paya ini diolah sedemikian rupa menggunakan bumbu dan racikan khas Aceh Besar, menjadikan kuliner ikan ini sangat dicari-cari oleh penikmatnya. Biasanya berupa ikan gabus segar dan ada juga ikan air tawar lainnya yang segar pula.

Di kawasan Kayee Lheu ini banyak wisatawan yang berkunjung menikmati makan siang bersama, ditambah dengan suasana desa yang dikelilingi sawah masyarakat.

Tak hanya Ungkot Paya, kawasan kuliner Kayee Lheu Ini juga menyediakan aneka kuliner khas Aceh lainnya seperti ayam tangkap, ayam goerng, gule kambing dan sebagainya.

Penasaran? Kalau liburan ke Aceh coba singgah di kawasan kuliner Kayee Lheu Aceh Besar.

قالب وردپرس

0 Response to "Liburan ke Aceh Besar, Sekalian Wisata Kuliner Ungkot Paya"

Posting Komentar